Tips & Trik - Cara Mudah Optimalkan Memori Internal Minim di Android

 1. Pahami memori internal yang minim. Banyak artikel yang menjelaskan cara menggunakan Android lama dan bagaimana mengurangi ruang penyimpanan pada perangkat anda. Sepertinya itu tidak berlaku untuk ponsel android jadul yang memiliki minim ruang penyimpanan. Untuk OS saja perangkat jadul ini sudah memakan banyak tempat, belum lagi file multimedia anda di ponsel. Ini sepertinya tidak masuk akal bagi ponsel jadul Android.
Kali ini mengambil contoh HTC Desire. Mengapa? HTC Desire memiliki memori internal 512MB dan maoritas memori itu diapakai untuk OS. Otomatis memori internal menjadi semakin minim. Yang bisa digunakan hanyalah 147MB untuk daftar kontak yang ada di perangkat ini.


2. Rooting ponsel anda. Root lah ponsel dan selesaikan masalah dengan aplikasi yang dikenal dengan nama Titanium. Selain itu anda juga harus mendapatkan custom ROM untuk mengatur ruang penyimpanan. Untuk custom ROM, anda tidak perlu kuatir, karena banyak tersedia aplikasi custom ROM.

3. Jangan Sync aplikasi apapun. Sinkronisasi kontak dengan Facebook berarti akan menambah banyak kontak yang anda simpan di perangkat. Bahkan tidak menggunakan aplikasi facebook pun, sinkronisasi ini masih memakan tempat penyimpanan yang besar.
Sync-lah nomer kontak anda ke google. Ini berarti ketika anda membutuhkan ruang yang sekitar 5-10MB hapuslah kontak yang ada di perangkat anda dan resync kembali ke Google setelah selesai. Cara ini benar-benar sangat berguna. Misalnya ketika anda harus meng-install aplikasi 60MB sedangkan sisa memori anda 55MB. Dengan cara ini anda juga bisa meng-install aplikasi tersebut.


4. Gunakan aplikasi terkecil. Ini cukup membantu misalnya mengganti aplikasi facebook, dengan TinFoil, Atrium, FriendCaster, atau SteamPro. Tinggal cari saja sesuai dengan kebutuhan anda. Sebab masih banyak aplikasi dengan versi yang lebih kecil lagi di Google Play.

5. Kembalikan aplikasi bawaan ke versi aslinya. Yang menghabiskan ruang penyimpanan sebenarnya salah satunya adalah aplikasi bawaan dari Android. Mereka terus mengupdate secara otomatis ketika ada versi baru dari aplikasi ini. Aplikasi ini tidak bia dihapus atau di uninstall. Untungnya kita masih bisa mengembalikan ke versi awal. Setiap dia update maka kembali saja ke versi awal. Ini banyak berkontribusi pada ruang penyimpanan.

6. Simpan aplikasi pada SD Card. Ketika anda meng-install aplikasi di SD Card itu akan meninggalkan jejak pada memori internal anda. Ini tidak bisa dihindari. Jika anda menggunakan app Titanium atau App Monster, anda bisa mem-backup aplikasi yang anda install di SD Card.


Tips & Trik - Cara Mudah Optimalkan Memori Internal Minim di Android Tips & Trik - Cara Mudah Optimalkan Memori Internal Minim di Android Reviewed by Unknown on 1:11 AM Rating: 5

No comments:

Sinyalgadget. Powered by Blogger.