iPhone 5S - 5 Fitur iPhone 5S Calon Trendsetter Baru

1. Sidik Jari

 Apple membekali fitur sensor sidik jari di iPhone 5S. Sensor sidik jari yang disebut sebagai Touch ID.

Touch ID tersebut diklaim Apple sebagai fitur paling inovatif di iPhone 5S. Dengan fitur ini, pengguna bisa login, verifikasi akun Apple, dan lain sebagainya hanya dengan sidik jari, tanpa memerlukan password.

Memang, sebelum iPhone 5S meluncur justru santer terdengar Samsung akan membenamkan fitur yang mirip dengan Touch ID di Galaxy Note 3 pada sebuah acara di Berlin, Jerman. Namun akhirnya tak terbukti.

Walau Samsung belum memastikan apakah tertarik menggunakan fitur ini secara terus terang, konon, hal ini pula yang tengah dipikirkan HTC untuk membenamkannya pada versi jumbo HTC One Max.

Kehadiran fingerprint scanner ditegaskan dengan bocoran foto HTC One Max dimana bagian belakangnya--atau tepatnya terletak dibawah kamera utama--terdapat sebuah bagian yang diduga kuat sebagai pemindai sidik jari.

Hal yang unik adalah penempatannya yang terbilang tidak umum. Diduga hal tersebut dilakukan HTC untuk memberikan diferensiasi terhadap smartphone yang telah lebih dulu menawarkan fitur pemindai sidik jari. Dalam hal ini tentunya yang dimaksud adalah iPhone 5S.

Sehingga di masa depan menjadi hal yang lumrah bila pemindai sidik jari menjadi password utama bagi perlindungan di ponsel cerdas.


2. Prosesor 64 Bit
  Apple menawarkan kinerja 64 bit lewat prosesor anyarnya. Menawarkan kemampuan komputasi khas prosesor desktop, iPhone 5S disebut bakal membuka era baru komputasi menggunakan smartphone.

Di tengah perdebatan apakah nanti chip 64 bit akan berguna atau tidak maksimal pemanfaatannya, ternyata Samsung dan produsen chip pun tak mau kalah.

Samsung misalnya, memastikan segera menghadirkan smartphone bersenjatakan prosesor 64 bit. Kepastian ini diungkapkan langsung oleh salah seorang pentolan Samsung.

"Tidak dalam waktu dekat, tapi benar, smartphone kami selanjutnya akan mengandalkan komputasi 64 bit," tegas JK Shin, co-CEO Samsung.

Motivasi Samsung ini sejalan dengan kabar bahwa desainer chip ARM tengah menggarap prosesor anyar berbasis teknologi 64 bit.

Mengusung sebutan Cortex-A57, arsitektur terbaru inilah yang diduga kuat bakal diandalkan Samsung pada prosesor 64 bit-nya kelak.

3. Semburat Warna Emas

  Kendati bukan yang pertama, Apple sukses memopulerkan warna putih pada iPhone 4. Kesan cantik di warna putih inilah membuat para kompetitornya turut menawarkan warna yang serupa.

Nah, hal ini bisa terulang kembali di iPhone 5S. Pasalnya. Apple meluncurkan tiga warna untuk ponselnya tersebut, di mana salah satunya hadir dengan semburat warna emas.

Bukti awal kalau warna emas akan menjadi tren di perangkat ponsel terlihat saat HTC One akan mengambil langkah serupa.

Dalam bocoran yang dirilis Weibo, terlihat jika ponsel jagoan HTC tersebut menggunakan panel berkilau emas. Bocoran itu memang tak mengungkap seluruh bodi, hanya bagian panel.

Namun diyakini, ini merupakan cikal bakal HTC One berwarna emas yang akan dilepas ke pasar ponsel.

HTC One sendiri sejatinya hadir dengan dua warna, hitam dan silver pada Maret 2013 lalu. Belakangan, sang vendor asal Taiwan mulai mendandani HTC One dengan sejumlah warna.

4. Co-prosesor M7

  Selain prosesor utama 64 bit di A7, iPhone 5S ini juga ditemani oleh co-prosesor bernama M7. Beberapa ada yang menyebutkan kalau ini bukan sesuatu yang baru.

Secara singkat, chip M7 ini merupakan gabungan kerja dari accelerometer, gyroscope, dan kompas. Beragam sensor ini digabungkan kemudian diolah sedemikian rupa sehingga membuat iPhone 5S terlihat 'pintar'.

Apple menerangkan analogi bagaimana co-prosesor M7 ini mampu mengetahui saat penggunanya berjalan, berlari atau bahkan sedang menyetir.

"Sebagai contoh, ketika menggunakan maps dengan mode 'turn-by-turn navigation' saat menyetir, maka ketika Anda sedang berhenti dan turun berjalan, maka mode maps akan berubah dan menyesuaikannya," kata Phillip W.Schiller, VP Marketing Apple.

Dengan gimmick berbeda dari tiap kompetitor, mungkin saja co-prosesor M7 akan turut dibenamkan di ponsel dan seperti menjadi teknologi wajib agar membuat ponsel menjadi pintar.

5. Kamera
  Tingkat resolusi kamera yang tinggi seakan menjadi gengsi bagi vendor saat meluncurkan ponsel cerdasnya. Lain halnya dengan Apple yang mempertahankan resolusi 8 megapixel.

Walaupun sama, tapi kamera di iPhone 5S jauh lebih dahsyat. Karena rahasianya terletak pada meningkatkan ukuran sensor lebih besar. Sehingga kepadatan piksel semakin tinggi, yang berimbas kuatnya tugas sensor dalam mengambil cahaya.

Hal ini memang sudah dilakukan pada HTC One yang memperkenalkan teknologi ultrapixel. Hal yang mirip apa yang diaplikasikan oleh Apple di kamera iPhone 5S.

Artinya di masa depan resolusi kamera yang besar tak lagi menjadi jaminan akan membuat kamera dengan resolusi di bawahnya menjadi pencundang. Karena di balik teknologinya lah yang menjadi kuncinya.
iPhone 5S - 5 Fitur iPhone 5S Calon Trendsetter Baru iPhone 5S - 5 Fitur iPhone 5S Calon Trendsetter Baru Reviewed by Unknown on 8:00 PM Rating: 5

No comments:

Sinyalgadget. Powered by Blogger.