Dual Core iPhone 5S vs Quad Core Android, Siapa Lebih Unggul?


Sebuah benchmark independen dilakukan untuk menguji mana smartphone ponsel tercepat. Pengujian itu memasukan iPhone 5S, Galaxy S4, LG G2 dan lainnya. Mana yang tercepat?


Dilihat dari spesifikasinya, jelas prosesor dual core iPhone 5S terlihat tertinggal dari ponsel papan atas Android yang sebagian besar sudah mengusung quad core. Tapi pada praktiknya hal itu belum tentu benar.



Majalah Which? coba melakukan percobaan dengan memakai aplikasi GeekBench. Aplikasi ini akan melakukan test berat untuk prosesor dengan memanfaatkan kemampuan single core, dan juga multi core dari masing-masing perangkat.



Dalam pengujian tersebut, ternyata dual core iPhone 5S yang hanya memiliki clock 1,3 GHz, mampu melibas lawan-lawanya yang rata-rata memiliki kecepatan lebih tinggi dan jumlah inti yang lebih banyak. Disinyalir ini terjadi karena arsitektur 64bit yang diusung chip A7 Apple.




Hasil dari benchmark tersebut dianggap sudah cukup untuk mencerminkan pemakaian di dunia nyata. Saat untuk bernavigasi menu atau membuka aplikasi ringan, baik iPhone 5S atau lawan-lawannya sama cepat dan sama responsif.



Bedanya, prosesor iPhone 5S teryata unggul saat dibebani tugas berlebih. Hal ini biasa terjadi saat dipakai untuk edit video, bermain game, atau sejenisnya.



Berikut adalah urutan ponsel tercepat yang dilansir Which! 



- Apple iPhone 5s: 1410 (single core score), 2561 (multi core score)
- LG G2: 882 (single core score), 2355 (multi core score)
- Samsung Galaxy S4: 687 (single core score), 1939 (multi core score)
- HTC One: 643 (single core score), 1805 (multi core score)
- Apple iPhone 5c: 711 (single core score), 1281 (multi core score)
- Samsung Galaxy S4 Mini: 649 (single core score), 1135 (multi core score)
- HTC One Mini: 477 (single core score), 880 (multi core score)
Dual Core iPhone 5S vs Quad Core Android, Siapa Lebih Unggul? Dual Core iPhone 5S vs Quad Core Android, Siapa Lebih Unggul? Reviewed by Unknown on 8:11 PM Rating: 5

No comments:

Sinyalgadget. Powered by Blogger.