Tips & Trik - Cara Menggunakan Fungsi Gratis Android Device Manager

Jaman pun sudah berubah. Saat ini banyak orang Indonesia yang sudah menggunakan smartphone Android untuk kebutuhan komunikasi mereka. Tidak hanya itu, pada saat mudik, pengguna kerap menggunakan Google Map dan fungsi GPS untuk memandu mereka dalam berkendara. Lalu apa yang terjadi saat ternyata smartphone kita tadi tidak ada di tangan kita? (Amit-amit jangan sampai hilang!).


Beberapa waktu yang lalu, Google telah melakukan push pada smartphone kita saat terkoneksi internet. Anda pun pasti memperhatikan bahwa ada satu icon dengan nama Google Settings di smartphone yang digunakan. Pada Google Settings yang baru ini, dapat ditemukan sebuah feature yang bernama Android Device Manager (ADM).


Fungsi ADM tidak lain adalah untuk mencari di mana smartphone kita berada. ADM akan mencari di mana smartphone kita berdasarkan lokasi dengan menggunakan fungsi Location pada smartphone Android dengan masuk ke dalam  website Android Device Manager. Sebelumnya, Anda harus terhubung dengan akun Google yang sama dengan yang dipasang pada perangkat Android. Setelah lokasi smartphone ditemukan, ada dua pilihan yang dapat dipilih.

RING

Fungsi Ring akan membuat smartphone kita berbunyi pada volume tertinggi. Oleh karenanya, saat smartphone terselip, kita dapat dengan mudah mencarinya berdasarkan suara yang dibunyikan. Fungsi ini akan terasa kurang efektif jika memang suara yang dihasilkan pada perangkat Android Anda memiliki speaker yang mengeluarkan bunyi yang cukup kecil.

ERASE DEVICE

Sesuai dengan namanya, fungsi ERASE DEVICE memang untuk menghapus seluruh data yang ada ada Android Anda. Hal ini tentu dilakukan saat smartphone tersebut memang sudah dicuri oleh orang lain. Fungsi ini sama dengan fungsi factory default pada seting smartphone Android. Akan tetapi, sebelum melakukan fungsi ini, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan feature tersebut pada perangkat Android Anda. Hal itu dapat dilakukan dengan menekan aplikasi Google Setting > Android Device Manager.

Sayang memang, ADM belum memiliki fungsi yang sempurna. Masih banyak lubang yang menyebabkan perangkat Android tidak dapat ditemukan kembali. Hal tersebut seperti tidak adanya fungsi menyalakan GPS secara otomatis, tidak adanya proteksi saat SIM dicabut, dan lain sebagainya. ADM memang sangat baik dipakai saat smartphone masih ada dalam lingkungan di sekitar kita. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan proteksi yang lebih baik lagi, Google Play menyediakan banyak alternatif untuk mendapatkan perangkat Android yang sudah terlepas dari tangan sang pemilik, dan yang lebih baik lagi, GRATIS!
Tips & Trik - Cara Menggunakan Fungsi Gratis Android Device Manager Tips & Trik - Cara Menggunakan Fungsi Gratis Android Device Manager Reviewed by Unknown on 11:31 PM Rating: 5

No comments:

Sinyalgadget. Powered by Blogger.