Intel - Tiap 400 Smartphone Ditangani 1 Server

Intel

Ledakan pertumbuhan smartphone ikut mendorong pertumbuhan pusat data atau server. Dalam sebuah acara, petinggi Intel menunjukan, seberapa banyak server yang diperlukan untuk melayani kebutuhan internet atau layanan data di perangkat smartphone.

Diane Bryant, wakil presiden di unit chip data Intel mengatakan, satu server berbasis Intel setidaknya mampu mendukung kebutuhan data bagi 400 smartphone. Itu artinya, server berkinerja tinggi mesti melakukan proses penanganan layanan data pengguna smartphone, seperti browsing, upgrade aplikasi, dan semacamnya.
Menurutnya, sekitar 75 persen dari pertumbuhan cloud server bakal berasal dari layanan konsumen, dalam hal ini penggunaan internet di smartphone. Selain smartphone, terdapat perangkat lain yang membutuhkan server lebih banyak lagi, salah satunya perangkat wearable yang membutuhkan satu server untuk setiap 100 perangkat.
Ia mencontohkan, layanan pesan instan WeChat yang telah memiliki 400 juta pengguna dalam kurun waktu dua tahun telah menjadi bagian dalam memicu munculnya “ekonomi layanan digital”. Maksudnya, internet dan pusat data bakal berfungsi sebagai tulang punggung dalam menopang keuangan suatu perusahaan teknologi. “Munculya ekonomi layanan digital mendorong (pertumbuhan) pusat data,” ujarnya, dikutip dari Venture Beat.


Dalam kurun waktu empat tahun ke depan, Bryant memprediksikan, bakal terjadi pertumbuhan pendapatan untuk sektor cloud, komputasi berkinerja tinggi, dan keperluan telekomunikasi sebesar 20 persen. Namun Ia menyayangkan, kebutuhan layanan data yang makin meningkat malah tak didukung dengan pertumbuhan signifikan juga dalam pengadaaan server. Menurut prediksinya, pertumbuhan pusat data hanya akan tumbuh sebesar delapan persen alias melambat.
Intel - Tiap 400 Smartphone Ditangani 1 Server Intel - Tiap 400 Smartphone Ditangani 1 Server Reviewed by Unknown on 6:41 PM Rating: 5

No comments:

Sinyalgadget. Powered by Blogger.