Winamp, Pemutar MP3 yang Melegenda yang Menunggu Mati

Winamp
Pada awal tahun 2000-an, mereka yang akrab dengan komputer dan internet pasti mengenal nama Winamp. Pemutar musik ini banyak diminati oleh generasi muda pada saat itu. Praktis digunakan dan bisa diganti ganti kulitnya, Winamp pun menjadi favorit. Kualitas suara yang disemburkannya pun lumayan mantap.


Kini, setelah 15 tahun, Winamp akan dimatikan karena berbagai alasan. Sebelum mengucap selamat tinggal, ada baiknya menilik fakta-fakta menarik tentang Winamp berikut ini.

1. Rilis Pertama Tahun 1997

Winamp
Winamp pertama kali dirilis pada tahun 1997 oleh duet Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev. Keduanya saat itu adalah mahasiswa University of Utah. Versi minimalis Winamp 0.20 dirilis pada 21 April 1997 sebagai freeware. Artinya, dapat didownload secara gratis.

Pada saat itu, penampilan Winamp masih sangat sederhana. Berlanjut kemudian dengan Winamp 0.92 yang lebih baik penampilannya. Ketika Winamp 2 dirilis pada tahun 1998, popularitasnya semakin tinggi. Bahkan ketika itu, Winamp menjadi salah satu software yang paling banyak diunduh dari internet.

2. Winamp Menuai Popularitas

Winamp
Para pendiri Winamp kemudian mendirikan Nullsoft sebagai wadahnya. Mengingat popularitasnya yang semakin tinggi. Sebagai cara menghasilkan keuntungan, Winamp pun punye versi berbayar. Pada tahun 1998, angka download Winamp telah mencapai 3 juta kali.

Pada masa itu, Nullsoft sempat beberapa kali mengalami gugatan hukum. Namun semuanya berhasil diselesaikan dengan baik. Karena ketenarannya, Winamp pun diminati perusahaan besar. Akhirnya pada tahun 1999. Nullsoft selalu pemilik Winamp dibeli AOL senilai USD 80 juta. Bulan Juni 2000, ada sekitar 25 juta pemakai Winamp.

3. Bisa Gonta ganti Skin

Winamp
Salah satu fitur paling mengasyikkan di Winamp barangkali adalah dapat berubah tampilan. Istilahnya adalah ganti skin. Skin adalah file bitmap yang mengubah graphical user interface Winamp. User Winamp bisa mempublikasikan skin desainnya di Winamp.com.

Beberapa waktu kemudian, sangat banyak versi skin Winamp diciptakan. Pada tahun 2000, ada lebih dari 3000 skin Winamp dilahirkan. Tema skin pun bisa bermacam-macam. Dari yang bertema olahraga, balapan, sampai gambar wanita cantik.
Winamp, Pemutar MP3 yang Melegenda yang Menunggu Mati Winamp, Pemutar MP3 yang Melegenda yang Menunggu Mati Reviewed by Unknown on 2:36 AM Rating: 5

No comments:

Sinyalgadget. Powered by Blogger.