7 Tipe Gamer DOTA 2 Paling Menyebalkan

1. Last Hero Pick

DOTA 2

Terlepas dari fakta bahwa ia seringkali menggabungkan gamer yang asing satu sama lain di dalam satu match yang sama, DOTA 2 (atau mungkin game MOBA) sebenarnya memiliki satu norma “tidak tertulis”, dimana Anda harus cukup beradaptasi dengan hero gamer lainnya untuk memastikan kombinasi yang tepat atau sekedar mengisi peran yang masih belum cukup. Kekesalan ekstra seringkali dihasilkan dari game-gamer yang seolah tidak mengerti konsep yang satu ini, apalagi ketika mereka menjadi picker untuk hero terakhir dalam tim. Sebagai contoh? Mereka tetap bersikukuh untuk menggunakan hero bertipe Carry ketika empat hero lainnya sudah diposisikan sebagai Carry dan lebih membutuhkan support. Atau tidak? Ketika ia masih menggunakan hero melee ketika empat lainnya melee. Lebih buruknya? Sang last picker ini memilih Random. What the..

2.  Voice Chat Abuser

DOTA 2

Dukungan voice chat untuk membantu gamer mengkoordinasikan gerakan dan serangan tentu saja menjadi tambahan fitur yang luar biasa di DOTA 2. Namun alih-alih menjalankan fungsi ini dengan semestinya, ada banyak gamer yang justru membuatnya tidak berbeda dengan layanan VoIP. Lebih buruknya? Ketika mereka mulai bertukar bahasa asing yang tidak dapat Anda mengerti, dalam volume yang keras, dan tidak memiliki signifikansi apapun dalam pertempuran yang Anda jalani. Mengkombinasikannya dengan kata-kata makian? Mimpi buruk tersendiri.

3. Solo Player


DOTA 2
Berbagi tugas, uang, dan experience memang menjadi salah satu kendala di DOTA 2. Gamer yang sudah mengetahui perannya dengan sangat baik akan menjalankan tugas utama dalam tim dengan baik pula. Namun tidak jarang, banyak gamer DOTA 2 yang seringkali lupa bahwa sebuah game MOBA adalah game yang memang didesain untuk menjadikan pertempuran tim sebagai hal yang paling esensial. Pertempuran 5 lawan 5, lewat serangkaian kombinasi skill dan serangan akan menentukan siapa yang berada di atas angin dan yang berpotensi kalah. Namun sayangnya, Anda akan bertemu dengan banyak gamer yang memainkan DOTA 2 seperti sebuah game single-player di konsol. Bermain di line sendiri, mengejar experience dan gold sendiri, tidak pernah sekalipun bergabung dalam pertempuran tim ketika bertahan atau menyerang, dan justru terbunuh ketika berusaha melawan tim musuh beranggotakan 5 orang sendirian benar-benar mengesalkan.

4. Mid or Feed


DOTA 2
Ini mungkin salah satu slogan paling “menyeramkan” yang sering dilontarkan oleh gamer yang seolah tidak bisa bermain di line lain selain mid line, yang memang identik dengan hero-hero yang memang diantisipasi untuk membantu line lain ketika sudah mencapai level tertentu. “Mid or feed” seolah tidak memberikan Anda alternatif apapun selain menyetujui hal tersebut. Permasalahan muncul ketika skill sang gamer ternyata tidak seoptimal yang dibayangkan ketika berada di mid lane, dan justru berpotensi membuat hero mid lawan jauh lebih kaya dan agresif. Mid or feed seolah menjadi ungkapan bagi para gamer DOTA 2 dengan skill pas-pasan yang memang tidak bisa beradaptasi dengan beragam skenario yang ada. Menyedihkan.

5. Gila Memimpin
DOTA 2

Dunia ini seperti ini tidak pernah kehabisan orang-orang lunatic yang gila memegang kontrol untuk sebuah mekanik permainan yang sebenarnya sulit diprediksi. Tidak jarang Anda tiba-tiba akan bertemu dengan teman satu tim yang tiba-tiba memosisikan dirinya sendiri sebagai pemimpin. Tidak hanya sekedar meminta anggota tim lain untuk bergerak sesuai perintahnya, ia juga bahkan meminta masing-masing gamer untuk membangun kombinasi item tertentu yang menurutnya paling efektif. Bukankah kehadiran gamer seperti ini baik? Jika ia memang cakap memimpin, ini akan menjadi ekstra point. Namun sebagian besar gamer dengan tipe ini justru terlihat sebaliknya. Marah ketika tidak dituruti, ngambek tanpa alasan, dan tidak ingin memikul tanggung jawab ketika item yang ia sarankan ternyata tidak berperan besar dalam pertempuran. Apalagi jika skill pribadinya sendiri tidak pantas untuk disebut sebagai seorang pemimpin.

6. AFK Tanpa Alassan

Tidak ada handicap yang jauh lebih besar bagi satu tim DOTA 2 selain menemukan bahwa mereka harus bertempur dalam sebuah tim yang tidak lengkap. Disconnect dengan sistem pause memang menjadi pemandangan yang umum dan seringkali ditanggapi dengan fair oleh dua buah tim yang bertikai. Namun kasus AFK hampir tidak memiliki solusi yang pasti. Tidak jarang Anda akan bertemu dengan anggota tim yang secara tiba-tibat tidak aktif dan hanya terdiam di fountain tanpa melakukan hal apapun. Tidak menginformasikan apapun kepada tim, mereka yang AFK begitu saja benar-benar menjadi benalu mengesalkan. Aksi seperti ini tidak hanya merusak permainan anggota tim yang sama, tetapi juga tim lawan yang mengharapkan perlawanan yang menegangkan. Lame..

7. 10 Menit = GGWP!
DOTA 2

Dan penghargaan untuk tipe gamer DOTA 2 paling menyebalkan jatuh kepada…..semua gamer DOTA 2 yang sama sekali tidak memiliki mental berjuang. Untuk Anda yang belum familiar, GGWP adalah singkatan dari “Good Game, Well Played” yang seringkali diucapkan untuk memberi selamat bagi tim lawan, sekaligus menjadi ritual yang menandakan berakhirnya pertandingan. Sebuah game DOTA 2 bisa berjalan selama 40-60 menit dimana klimaks pertempuran terjadi, dimana alur pertandingan bisa saja berubah dinamis selama periode waktu ini, apalagi jika carry dari kedua tim berhasil mengumpulkan item-item yang memang mumpuni. Namun Anda akan sangat sering bertemu dengan gamer yang sudah menyerah dan angkat tangan sembari meneriakkan “GGWP” di menit-menit awal permainan. Alasannya? Hanya karena tim Anda kalah tiga atau empat point dari jumlah kill musuh. Teriakan seperti ini menjadi salah satu pengendor semangat paling efektif. Alasan Anda bertarung habis-habisan seolah nihil ketika anggota tim Anda sendiri sudah mengangkat bendera putih bahkan sebelum klimaks. Parahnya lagi? Mereka tidak segan-segan AFK hanya karena ketertinggalan kecil ini. What a douchebag..

Walaupun tidak dapat digeneralisasi untuk game-game MOBA lainnya, namun misi utama DOTA 2 untuk menciptakan sebuah atmosfer permainan yang sehat dan bersahabat untuk para pendatang baru masih sangat jauh dari kata efektif dan sempurna. Tidak hanya dari Valve, kedewasaan para gamer yang menaungi komunitas terbesar di Steam ini juga pantas untuk dipertanyakan. Tidak sedikit aksi mereka yang justru mencederai semangat DOTA 2 sebagai game yang memang menitikberatkan pada pertempuran tim dan kerjasama. Ada begitu banyak momen yang akan membuat mulut Anda sulit untuk tidak mengumpat, hingga butuh waktu tersendiri untuk menenangkan diri. Artikel ini juga bisa dilihat sebagai curahan hati kami yang sudah menghabiskan ribuan jam di game yang satu ini.

Bagaimana dengan Anda sendiri, gamer yang seringkali menghabiskan waktu di DOTA 2? Tipe gamer DOTA 2 seperti apa yang mengesalkan untuk Anda sendiri? Feel free to comment and expand the list!
7 Tipe Gamer DOTA 2 Paling Menyebalkan 7 Tipe Gamer DOTA 2 Paling Menyebalkan Reviewed by Unknown on 2:54 AM Rating: 5

No comments:

Sinyalgadget. Powered by Blogger.