Playstation 4 - Dijual 20 Juta Rupiah Per Unit di Brazil!

Gila, ini mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi yang harus dihadapi oleh gamer di salah satu negara terbesar Amerika Selatan – Brazil. Terlepas dari kebijakan Sony yang memang memosisikan konsol next-gen mereka – Playstation 4 sebagai pilihan terbaik di sisi harga, beragam kebijakan yang ditempuh oleh negara tertentu tampaknya membuat hal tersebut tidak lagi relevan. Percaya atau tidak, Sony Brazil baru saja mengkonfirmasikan bahwa Playstation 4 akan ditawarkan dengan harga sekitar 3.999 Real Brazil pada saat rilis mendatang. Kebijakan yang membuat lonjakan hingga empat kali lipat dari harga awal yang diumumkan.

Seberapa besar 3.999 Real Brazil ini? Jika dikonversi dengan menggunakan kurs saat ini, Playstation 4 akan dijual dengan kisaran harga sekitar USD 1.850 per unit di Brazil. Ini berarti lebih dari empat kali lipat dari harga Playstation 4 di Amerika Serikat yang berkisar hanya sekitar USD 399 saja. Apa yang membuat lonjakan ini begitu drastis? Biaya impor tinggi dan beragam pajak yang menyertai proses masuknya barang inilah yang disinyalir sebagai alasan utama – bahkan diklaim berkontribusi 70% dari total harga.

Biaya impor tinggi dan segudang pajak lainnya membuat Sony harus menjual PS 4 dengan harga empat kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan region lain. Playstation 4 akan ditawarkan dengan kisaran USD 1.850 / unit. Wow!


Sebagai perbandingan, seorang gamer Brazil yang memutuskan untuk membeli tiket pesawat ke Amerika Serikat, membeli PS 4 seharga USD 399 di sana, menyewa hotel selama 1 hari, dan kemudian pulang dengan pesawat yang sama akan bisa menghemat ratusan USD  daripada memaksakan diri untuk membelinya secara langsung di Brazil.

Menariknya lagi, harga yang ditawarkan Sony ini ternyata jauh berada di atas harga resmi Xbox One yang ditetapkan Microsoft di Brazil. Xbox One akan ditawarkan dengan harga sekitar 2.200 Real Brazil atau sekitar USD 1.016, USD 800 lebih murah dibandingkan Playstation 4. Walaupun masih lebih mahal dibandingkan dengan region lain, namun bukannya tidak mungkin daya tarik harga ini justru akan menjadikan Brazil sebagai basis gamer Xbox One di masa depan.

Semoga saja kebijakan harga yang sama tidak terjadi di Indonesia. Fingers crossed!

Playstation 4 - Dijual 20 Juta Rupiah Per Unit di Brazil! Playstation 4 - Dijual 20 Juta Rupiah Per Unit di Brazil! Reviewed by Unknown on 5:14 AM Rating: 5

No comments:

Sinyalgadget. Powered by Blogger.